Tahapan Dalam Membuat Skripsi Yang Baik Dan Benar

Tahapan Dalam Membuat Skripsi Yang Baik Dan Benar

5/5 (1)

Skripsi adalah tugas akhir sebagai syarat kelulusan untuk menjadi seorang sarjana dan untuk menyelesaikan studinya. Terburu-buru menyelesaikan kuliah tetapi lambat menyelesaikan skripsi juga tidak bisa cepat lulus, sehingga kamu harus memiliki strategi dalam menyusun skripsi.

Tapi sebelumnya, apakah anda tahu cara membuat skripsi? Dan bagaimana tahapan awalnya? Simak artikel berikut untuk mencari tahu jawabannya.

Baca juga: Cara Membuat makalah

Tahapan Cara Membuat Skripsi Yang Baik dan Benar

cara membuat skripsi

Membuat judul

Dalam membuat judul untuk halaman judul, anda harus memiliki topik terlebih dahulu. Dan cara untuk menentukan topik adalah sebagai berikut:

  • Menentukan topik penelitian

Topik penelitian adalah lingkup penelitian yang akan anda teliti. Pemilihan topik akan membantu anda dalam menulis permasalahan yang akan anda angkat.

  • Menemukan masalah pada topik

Masalah adalah kondisi yang tidak sesuai dengan harapan. Untuk menemukan masalah pada topik yang anda pilih, anda bisa melakukan pengamatan atau observasi, dan wawancara.

  • Melakukan studi pustaka

Setelah anda menemukan masalah pada topik, hal yang harus ditemukan selanjutnya adalah solusi. Dari masalah. Solusi yang didapat juga harus berdasarkan teori-teori yang sudah ada yaitu secara ilmiah melalui studi pustaka. Peneliti bisa melakukan studi pustaka dengan mencari buku, jurnal, hasil penelitian.

  • Menentukan tujuan penelitian

Tujuan penelitian digunakan untuk menunjukkan indikasi kearah mana penelitian akan dilakukan dan data-data apa saja yang akan anda cari. Tujuan penelitian memiliki 3 macam yaitu untuk menemukan pengetahuan baru, membuktikan teori yang sudah ada, dan untuk mengembangkan teori yang sudah ada.

  • Menentukan metode penelitian

Metode penelitian adalah cara yang digunakan untuk meneliti suatu topik tertentu. Dalam menentukan metode penelitian harus disesuaikan dengan tujuan penelitian. Ada 3 macam metode penelitian yaitu metode penelitian kualitatif, untuk menemukan pengetahuan baru.

Dan metode penelitian kuantitatif, untuk membuktikan teori yang sudah ada; metode penelitian dan pengembangan, untuk mengembangkan pengetahuan tertentu; metode penelitian tindakan kelas (apabila anda mahasiswa fakultas pendidikan), untuk memperbaiki proses pembelajaran dan permasalahannya.

  • Membuat judul penelitian

Banyak mahasiswa yang keliru dengan membuat judul terlebih dulu, tanpa melewati tahap-tahap sebelumnya. Karena dalam judul harus ada komponen seperti variabel penelitian, objek yang diteliti, dan keterangan.

Baca juga: Cara Membuat Proposal Lengkap

Membuat proposal

Setelah proses pembuatan judul telah selesai selanjutnya proses pembuatan proposalnya. Nah di sini akan kami jelaskan secara singkat poin-poinnya semoga bisa di mengerti. Apa saja itu ? silahkan simak di bawah ini:

  • Cover

Pada halaman cover berisikan logo, judul penelitian, nama cover (proposal skripsi), identitas penulis, lembaga dan tahun.

  • Lembar pengesahan

Fungsi lembar pengesahan adalah menunjukkan bahwa proposal telah disahkan, dan setelah itu akan lanjut untuk penelitian. Dalam lembar ini terdapat nama lembar (proposal), judul penelitian, identitas peneliti, tanggal dan tahun disahkan serta tanda tangan pembimbing.

  • Latar belakang

Komponen yang harus ada dalam latar belakang adalah masalah dan solusi.

  • Identifikasi masalah

Yang dimaksud mengidentifikasi masalah adalah menemukan masalah dari topik penelitiannya.

  • Pembatasan masalah

Tujuannya adalah membatasi faktor apa saja yang ada di dalam lingkup penelitian dan apa yang tidak ada dalam lingkup penelitian.

  • Rumusan masalah

Rumusan masalah berbentuk kalimat pertanyaan, dan jawabannya akan diperoleh dari pengumpulan data pada penelitian yang dilakukan.

  • Tujuan

Tujuan dibuat berdasarkan rumusan masalah, yang berguna untuk menunjukkan kemana penelitian yang dilaksanakan.

  • Manfaat

Terdapat dua manfaat yaitu manfaat teoritis yaitu untuk mengecek teori yang sudah ada, apakah teori tersebut memperkuat teori atau menggugurkannya. Dan manfaat praktis yaitu manfaat yang dirasakan secara langsung.

Itulah beberapa tahapan cara membuat skripsi, semoga dapat memberikan manfaat bagi anda yang sedang menyusun tugas akhir tersebut.

Rating:

Leave a Comment