Membuat Laporan PKL Sesuai Dengan Aturan

Membuat Laporan PKL Sesuai Dengan Aturan

5/5 (3)

Hasil laporan PKL (PraktIk Kerja Lapangan) bisa digunakan untuk menciptakan inovasi dalam dunia pengetahuan yang mengaitkan dunia kerja dengan ilmu teori pengetahuan. Laporan PKL harus disusun berdasarkan kaidah ilmiah seperti jenis huruf, format tulisan, dan batas ukuran halaman yang disesuaikan dengan aturan yang berlaku.

Bagi anda yang belum tahu bagaimana tahapan awal membuat laporan PKL, simak informasi di bawah ini untuk mengetahui cara membuat laporan PKL.

Lihat juga: Cara Membuat Skripsi

Cara Membuat Laporan PKL Yang Sesuai Dengan Aturan

Membuat Laporan PKL

Cover

Pada halaman depan cover, terdapat logo sekolah, biodata pembuat laporan, dan tahun penulisan laporan tersebut.

Daftar isi

Adalah gambaran menyeluruh tentang isi laporan yang terdapat pada halaman, agar pembaca mudah memahami isi laporan. Dan di dalam daftar isi terdapat beberapa komponen seperti:

Bab 1 Pendahuluan

Pada bab 1 pendahuluan terdapat latar belakang perusahaan anda, dasar hukum yaitu berisi UU yang digunakan dalam kegiatan operasional perusahaan, maksud dan tujuan dari pelaksanaannya PKL, serta metode pengumpulan data yang berisi dari mana data PKL dikumpulkan.

Bab 2 Gambaran Umum

Pada bab ini berisikan sejarah berdirinya perusahaan tersebut secara detail dan struktur organisasi mulai dari direktur utama, kepala divisi, hingga sub bagian paling bawah.

Bab 3 Laporan Kegiatan

Bab ini berisi pelaksana kegiatan dari awal hingga akhir, hasil kegiatan selama anda mengikuti PKL.

Bab 4 Penutup

Bab 4 dalam cara membuat laporan PKL berisi kesimpulan perusahaan tempat anda menjalani PKL dan saran dari anda untuk sekolah tempat anda belajar dan perusahaan tempat anda menjalani PKL.

Baca juga: Cara Membuat proposal

Lembar pengesahan

Berisi judul laporan PKL, identitas penyusun, dan juga tanggal pembuatan laporan PKL yang ditanda tangani oleh pihak-pihak tertentu, seperti pembimbing.

Kata pengantar

Berisi tentang ungkapan penulis tentang karya yang ditulisnya.

Isi

Merupakan bagian dari sebuah laporan dalam bagian isi, yang nantinya akan banyak bab yang dibahas.

Daftar pustaka

Berisi tentang sumber referensi dari penulis yang harus dicantumkan di halaman ini.

Lampiran

Merupakan data-data yang terlalu banyak diambil sehingga dimasukkan di halaman utama/dokumen. Lampiran berisi tulisan, gambar atau penjelasan mengenai topik tertentu dalam sebuah laporan.

Lihat juga: Cara Membuat Makalah

Laporan PKL akan disusun saat kegiatan PKL telah selesai, dan para peserta akan menyusun laporan PKL sesuai dengan jurusan yang mereka ambil. Anda bisa mengikuti tahap-tahap membuat laporan PKL berikut, sesuai dengan kerangka yang diatur. Dalam membuat laporan PKL anda harus memerhatikan EYD yang berlaku dan juga kerangka yang telah ditentukan.

Semoga artikel ini dapat membantu anda dalam menyelesaikan laporan PKL yang sedang dikerjakan dengan tepat waktu,dan dapat memberikan pengetahuan bagi anda yang masih belum mengerti mengenai laporan PKL.

Rating:

Leave a Comment