Ternyata Begini Ucapan Idul Fitri Yang Banar Menurut Sunnah Nabi (Umat Islam Wajib Tahu) 5/5 (2)

By | March 25, 2019

Ucapan Idul Fitri Yang Banar Menurut Sunnah Nabi

Daftarilmu.com – Di indonesia umat islam mempunyai cara tersendiri untuk merayakan idul fitri, termasuk dengan mengucapkan minal minal ‘aidzin wal faizin – mohon maaf lahir dan batin , namun perlu di ketahui bahwa ucapan idul fitri seperti itu tidak di tuntunkan oleh sunnah Nabi muhammad.

Dan ucapan idul fitri yang benar adalah ” Taqobbalallahu minna wa minkum ” (Semoga Allah menerima amalku dan amal kalian).

Ucapan hari raya idul fitri yang benar juga di tegaskan di Hadist Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wasallam, sebagai berikut:

فعن جُبَيْرِ بْنِ نُفَيْرٍ قَالَ : كَانَ أَصْحَابُ رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ إِذَا اِلْتَقَوْا يَوْمَ الْعِيدِ يَقُولُ بَعْضُهُمْ لِبَعْضٍ : تَقَبَّلَ اللَّهُ مِنَّا وَمِنْك . قال الحافظ : إسناده حسن

Dari Jubair bin Nufair, ia berkata bahwa jika para sahabat Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam berjumpa dengan hari ‘ied (Idul Fithri atau Idul Adha, pen), satu sama lain saling mengucapkan, “Taqobbalallahu minna wa minka (Semoga Allah menerima amalku dan amal kalian).” Al Hafizh Ibnu Hajar mengatakan bahwa sanad hadits ini hasan.[1]

Imam Ahmad rahimahullah berkata,

وَلَا بَأْسَ أَنْ يَقُولَ الرَّجُل لِلرَّجُلِ يَوْمَ الْعِيدِ : تَقَبَّلَ اللَّهُ مِنَّا وَمِنْك

“Tidak mengapa (artinya: boleh-boleh saja) satu sama lain di hari raya ‘ied mengucapkan: Taqobbalallahu minna wa minka”.

وَقَالَ حَرْبٌ : سُئِلَ أَحْمَدُ عَنْ قَوْلِ النَّاسِ فِي الْعِيدَيْنِ تَقَبَّلَ اللَّهُ وَمِنْكُمْ .قَالَ : لَا بَأْسَ بِهِ ، يَرْوِيه أَهْلُ الشَّامِ عَنْ أَبِي أُمَامَةَ قِيلَ : وَوَاثِلَةَ بْنِ الْأَسْقَعِ ؟ قَالَ : نَعَمْ .قِيلَ : فَلَا تُكْرَهُ أَنْ يُقَالَ هَذَا يَوْمَ الْعِيدِ .قَالَ : لَا

Salah seorang ulama, Harb mengatakan, “Imam Ahmad pernah ditanya mengenai apa yang mesti diucapkan di hari raya ‘ied (‘Idul Fithri dan ‘Idul Adha), apakah dengan ucapan, ‘Taqobbalallahu minna wa minkum’?” Imam Ahmad menjawab, “Tidak mengapa mengucapkan seperti itu.” Kisah tadi diriwayatkan oleh penduduk Syam dari Abu Umamah.

Ada pula yang mengatakan, “Apakah Watsilah bin Al Asqo’ juga berpendapat demikian?” Imam Ahmad berkata, “Betul demikian.” Ada pula yang mengatakan, “Mengucapkan semacam tadi tidaklah dimakruhkan pada hari raya ‘ied.” Imam Ahmad mengatakan, “Iya betul sekali, tidak dimakruhkan.”

وَذَكَرَ ابْنُ عَقِيلٍ فِي تَهْنِئَةِ الْعِيدِ أَحَادِيثَ ، مِنْهَا ، أَنَّ مُحَمَّدَ بْنَ زِيَادٍ ، قَالَ : كُنْت مَعَ أَبِي أُمَامَةَ الْبَاهِلِيِّ وَغَيْرِهِ مِنْ أَصْحَابِ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَكَانُوا إذَا رَجَعُوا مِنْ الْعِيدِ يَقُولُ بَعْضُهُمْ لَبَعْضٍ : تَقَبَّلَ اللَّهُ مِنَّا وَمِنْك .وَقَالَ أَحْمَدُ : إسْنَادُ حَدِيثِ أَبِي أُمَامَةَ إسْنَادٌ جَيِّدٌ

Ibnu ‘Aqil menceritakan beberapa hadits mengenai ucapan selamat di hari raya ‘ied. Di antara hadits tersebut adalah dari Muhammad bin Ziyad, ia berkata, “Aku pernah bersama Abu Umamah Al Bahili dan sahabat Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam lainnya. Jika mereka kembali dari ‘ied (yakni shalat ‘ied, pen), satu sama lain di antara mereka mengucapkan, ‘Taqobbalallahu minna wa minka” Imam Ahmad mengatakan bahwa sanad riwayat Abu Umamah ini jayyid. (sumber:muslim.or.id)

Dari kumpulan hadist yang semoga kita semakin tahu akan sunnah yang tuntunkan oleh Rosulullah Shallallahu alaihi wasallam, namun tidak bisa di pungkiri bahwa ucapaan “Minal ‘Aidin wal Faizin” sudah menjadi tradisi yang sudah mendarah daging bagi umat islam di Indonesia walaupun sudah tahu tentang ucapan Idul Fitri yang banar menurut hadist diatas.

Dan semua tergantung masing-masing orang yang menjalani, karena semua perbuatan pasti ada pertanggung jawabanya dan ajaran islam juga tidak memaksa, tapi yang namanya kebenaran harus tetap di sebarkan, walopun tidak banyak yang suka dan bertentangan dengan tradisi.

Sekian pembahasan tentang Ucapan Idul Fitri Yang Banar Menurut Sunnah Nabi (Umat Islam Wajib Tahu), semoga bermanfaat untuk kita semua.

Please rate this


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *