9 Tips Memilih SSD Murah Berkualitas Terbaik [Pemula]

Tidak bisa dipungkiri bahwa budget lah yang mempengaruhi untuk membeli ssd murah, Namun timbul keraguan tentang kualitas dari ssd tersebut. 

Tentang speed maupun tingkat keawetan dari ssd dengan harga miring juga masih menjadi pertanyaan besar. Apalagi buat pemula yang ingin pindah dari HDD ke SSD.

Padahal Solid state drive bukan teknologi baru, bahkan menjadi sebuah alat penyimpanan wajib bagi laptop/komputer jaman sekarang.

Karena dianggap lebih tahan guncangan dan bobotnya juga tergolong ringan dibandingkan penyimpanan konvensional seperti Hardisk.

Bahkan untuk membaca/menulis file juga tidak diragukan lagi kecepatannya.

Masalahnya apakah semua SSD mempunyai kecepatan yang sama antara versi murah dengan versi yang mahal?

Tentu saja tidak, bahkan sesama kapasitas 120gb saja kecepatan membaca/menulis berbeda. Apalagi berbeda kapasitas

Di Artikel ini saya ingin berbagi pengalaman dalam memilih SSD Murah yang berkualitas, sebagai pengganti HDD yang super lemot.

ssd murah

Tips Memilih SSD Murah Berkualitas

SSD murah yang dimaksud adalah SSD SATA dengan ukuran 2,5 Inch bukan SSD NVME yang super mahal. SATA Merupakan tipe paling umum untuk laptop di pasaran yang masih menggunakan Hardisk. Berikut tipsnya:

  1. Kecepatan SSD Minimal 400MB 

Sebelum menentukan pilihan ssd mana yang ingin dipinang sebaiknya cari tahu dengan pasti berapa kecepatan dari ssd tersebut. Karena banyak sekali SSD murah yang kecepatan membaca/menulis file masih dibawah 400MB. 

Dan itu sangat berpengaruh jika anda mendambakan peningkatan yang signifikan di perangkat laptop kalian.

Hasil SSD Benchmark
Hasil Bechmark SSD pioneer
  1. TBW Minimal 70

Terabyte Written atau biasa disebut TBW adalah batasan masa hidup dari sebuah ssd. yang artinya SSD akan mati jika sudah melawati batas menulis data sebesar 70 Terabyte

Hal ini sering kali tidak diindahkan oleh pemula. Bahwasanya walapun ssd dianggap lebih unggul dari hardisk, pun masih mempunyai kekurangan. 

Tidak usah khawatir dengan TBW 70, umur sebuah SSD sanggup bertahan hingga 5-8 tahunan. Asalkan tidak dipakai untuk aktiftas berat seperti edit/render video yang berukuran bergiga-giga.

  1. Suhu Idle di >40 C

Suhu dari sebuah perangkat penyimpanan akan berpengaruh terhadap kesehatan, keawetan dan performa. Baik untuk laptop maupun SSD itu sendiri.

Meskipun suhu kadang disebabkan oleh kondisi laptop yang jadul atau tidak pernah dibersihkan. SSD secara default juga memiliki batasan antara suhu terendah – normal – Tinggi.

suhu ssd

Maka dari itu pilihlah ssd dengan suhu saatdi pakai minimal 40 derajat celsius atau saat keadaan diam kurang dari 40 derajat celsius.

  1. Merk Terpercaya

Merk terpercaya maksudnya mempunyai perusahaan yang jelas dan memiliki website yang berisi produk serta sepesifikasi yang ditawarkan.

Terlebih perusahaan yang sudah terkenal dalam bidang perangkat penyimpanan. Maka produknya akan lebihh terjamin kualitasnya.

  1. Minimal SATA 3

Alasan minimal menggunakan Interface SATA 3 adalah tipe ini merupakan yang tercepat di kelas Interface SATA dibandingakan tipe SATA 1 maupun SATA 2.

Kecepatan SATA 3 mencapai 6Gb/s.

  1. Mendukung Trim Otomatis

TRIM SSD adalah perintah Advanced Technology Attachment (ATA) yang memungkinkan sistem operasi memberi tahu NAND flash solid-state drive (SSD) blok data mana yang dapat dihapus karena tidak lagi digunakan. Penggunaan TRIM dapat meningkatkan kinerja penulisan data ke SSD dan berkontribusi pada masa pakai SSD yang lebih lama.

Cek Trim ssd otomatis
Cek Trim ssd otomatis
  1. Ada ECC Memory

Error correction code (ECC) memory sebagai pendeteksi file-file yang korup atau tidak bisa digunakan pada sistem komputer

  1. IOPS Tinggi

IOPS atau Input Output per-second sangat berpengaruh terhadap kestabilan kecepatan ssd, Jika semakin tinggi maka akan semakin baik

  1. Kapasitas

Semakin tinggi kapasitas ssd akan berpengaruh dengan performa dan umur sebuah SSD. Namun jika ingin yang paling murah, kapasitas 120GB sudah lebih dari cukup untuk penggunaan sehari-hari.

Seperti digunakan untuk buka tutup dokumen atau sekedar edit-edit video ringan.

Kesimpulan

Berpindah dari HDD ke SSD adalah hal yang paling tepat, meskipun hanya menggunakan SSD murah, karena secepat-cepatnya HDD jauh lebih baik ssd, Dan dengan membaca tips di atas semoga anda mudah menemukan SSD berkualitas dan cocok untuk digunakan sesuai kebutuhan

Artikel Terkait

Tinggalkan komentar