Cara Membuat 2 Jaringan Wifi dari 1 Modem Indihome Terbaru

Salah satu kelebihan router wifi indihome adalah bisa membuka/ menambahkan SSID wifi baru sebagai sarana untuk memperluas jaringan.

Misalnya, sebelumnya hanya punya wifi 1, anda bisa menambah wifi 2, wifi 3 dan 4. Hal ini akan memudahkan kita untuk membagi setiap wifi untuk setiap perangkat supaya tidak harus gonta-ganti password.

Diartikel ini saya akan menunjukan bagaimana cara mengatur settingan untuk menambahkan SSID baru pada modem/router homefiber dan trik supaya bisa konek ke internet.

Mari kita mulai.

Menambahkan SSID Indihome

SSID (Service Set Identifier) adalah nama unik yang digunakan oleh jaringan WiFi untuk mengidentifikasi dirinya. Ini seperti alamat IP pada jaringan kabel. Saat perangkat Anda mencari jaringan WiFi yang tersedia, daftar jaringan yang ditemukan akan menampilkan nama SSID setiap jaringan.

Pengguna dapat memilih jaringan yang diinginkan dengan memilih SSID yang sesuai. Jika SSID tidak ditentukan, maka jaringan akan diberi nama default oleh pabrikan router.

Cara Menambah Jaringan/SSID Wifi Indihome Terbaru

Untuk menambah jaringan WiFi Indihome Fiber, Anda bisa mengikuti langkah-langkah berikut:

  1. Pastikan Anda sudah terhubung ke jaringan WiFi Indihome Fiber yang ada saat ini.
  2. Buka browser web Anda dan masuk ke halaman pengaturan router Indihome Fiber Anda dengan mengetikkan alamat IP router Anda (biasanya 192.168.1.1 atau 192.168.0.1) pada bar alamat browser Anda.
  3. Masukkan nama pengguna dan kata sandi router Anda (biasanya “admin” dan “admin” atau “user” dan “user”). cek sandi indihome terbaru
  4. Jika sudah login, Klik Network > Advanced , Maka akan tampil seperti berikut:tambah ssid indihome
  5. Selanjutnya:
    • SSID Choice (pilih 2-4) Klik enable
    • SSID Name (Isi nama wifi sesuai keinginan)
    • Security (WPA2-PSK)
    • WPA (AES)
    • Passpharse (Isi password wifi)
  6. Terahir klik Apply untuk menyimpan.
  7. Selesai.

Sekarang, Cobalah mencari jaringan WiFi baru yang Anda buat pada perangkat Anda dan sambungkan menggunakan kata sandi yang telah Anda masukkan.

Ingatlah bahwa setiap router berbeda-beda, jadi tampilan dan lokasi pengaturan mungkin berbeda. Namun, umumnya proses ini sama untuk router Indihome Fiber.

Namun jika Anda mengalami kesulitan, Anda dapat menghubungi customer service Indihome untuk bantuan lebih lanjut.

Mengaktifkan SSID Indihome agar Terkoneksi Internet

Membuat atau menambahkan jaringan SSID baru belum lah cukup, karena kita perlu mengaktifkan SSID Binding pada pengaturan Broadband Setting, yaitu sebagai berikut:

1. Pertama silahkan hubungkan ke wifi Home Fiber anda
2. Buka browser web Anda dan masuk ke halaman pengaturan router Indihome Fiber Anda dengan mengetikkan alamat IP router Anda (biasanya 192.168.1.1 atau 192.168.0.1) pada bar alamat browser Anda.
3. Masukkan nama pengguna dan kata sandi router Anda (biasanya “admin” dan “admin” atau “user” dan “user”). cek sandi indihome terbaru
4. Selanjutnya klik Network > BroadBand Settings > Internet Settings, lihat gambar: ssid binding indihome
5. Lihat 2.4 SSID Binding, silahkan centang SSID 2 – 4, sesuai kebutuhan dan SSID yang telah dibuat sebelumnya.
6. Jika sudah silahkan klik Apply/ save, untuk menyimpan
7. Selesai.

Segera lakukan testing apakah wifi baru sudah siap dan bisa untuk mengakses internet seperti yang lainya.

Catatan: Sebagaian besar pengguna router Indihome fiber sudah tidak bisa melakukan SSID Binding secara manual, harus dilakukan oleh operator indihome.

Saya pribadi berhasil melakukan binding sebelumnya, namun dengan adanya update frimeware terbaru jadi tidak bisa, alhasil saya menghubungi operator.

Penutup

Dengan melakukan penambahan SSID baru, maka kita bisa memiliki Nama Wifi Lebih dari 1. Hal ini sangat bermanfaat sekali buat saya pribadi yang suka share wifi ke teman-teman yang datang kerumah.

Demikianlah informasi seputar menambahkan jaringan wifi indihome pada 1 router saja. Baca juga: Cara login Indihome Webadmin

Semoga bermanfaat.

Tinggalkan komentar