5 Tips Mengatasi Komputer/Pc yang Nyetrum

Apakah Anda pernah mengalami sensasi nyetrum saat menyentuh PC/komputer Anda? Jangan khawatir, nyetrum pada PC adalah masalah umum yang dapat diatasi.

Dalam artikel ini, kami akan memberikan tips dan trik yang dapat membantu Anda mengurangi listrik statis dan mengatasi nyetrum pada PC Anda.

mengatasi pc nyetrum

Mengapa PC Dapat Menyebabkan Nyetrum?

Ketika datang ke nyetrum pada PC, ada beberapa faktor yang dapat menyebabkannya:

1. Listrik Statis

Listrik statis dapat terbentuk di tubuh manusia saat bergerak atau berjalan di lantai yang tidak terhubung dengan grounding yang baik. Ketika Anda menyentuh komponen dalam PC, muatan listrik statis ini dapat mengalir ke dalamnya, menyebabkan sensasi nyetrum.

2. Kondisi Komponen

Komponen PC yang rusak atau tidak terhubung dengan baik dapat menyebabkan arus listrik yang tidak stabil, yang pada gilirannya dapat menyebabkan nyetrum saat disentuh.

Tips untuk Mengatasi PC yang Nyetrum

Berikut adalah beberapa langkah yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi nyetrum pada PC Anda:

1. Grounding yang Baik

Pastikan PC Anda terhubung dengan grounding yang baik. Gunakan kabel grounding atau mat grounding untuk menghubungkan PC dengan grounding yang ada di lantai atau sistem grounding yang terpisah.

2. Gunakan Wrist Strap

Saat membuka PC atau melakukan perbaikan di dalamnya, gunakan wrist strap grounding. Wrist strap ini akan membantu memastikan bahwa muatan listrik statis di tubuh Anda dibuang ke grounding, bukan ke komponen PC.

3. Periksa Kondisi Komponen

Periksa semua komponen dalam PC Anda untuk memastikan bahwa semuanya terpasang dengan benar dan tidak ada yang rusak. Periksa kabel-kabelnya, soket-soketnya, dan pastikan semuanya terhubung dengan baik.

4. Hindari Gerakan Cepat

Hindari gerakan yang cepat atau kasar saat bekerja dengan PC. Gerakan yang cepat dapat menyebabkan gesekan dan menghasilkan muatan listrik statis. Usahakan untuk tetap tenang dan hati-hati saat menyentuh komponen.

5. Gunakan Benda Pengantar

Jika Anda merasa nyetrum saat menyentuh komponen tertentu, hindari menyentuhnya langsung. Gunakan benda pengantar seperti tang, obeng, atau benda yang tidak konduktif lainnya untuk berinteraksi dengan komponen tersebut.

Penutup:

Dengan mengikuti tips di atas, Anda dapat mengurangi risiko nyetrum pada PC Anda. Penting untuk diingat bahwa jika Anda tidak yakin atau tidak memiliki pengalaman dalam melakukan perbaikan PC, lebih baik meminta bantuan dari ahli komputer yang terlatih.

Dengan sedikit perhatian ekstra terhadap listrik statis, Anda dapat menjaga diri Anda dan PC Anda tetap aman.

Baca juga:

author

Dedi Kurnia

Dedi kurnia adalah Penulis yang meliput topik yang berkaitan dengan Tutorial Teknologi, dan Tips & Trik Terbaru.

BAGIKAN DENGAN TEMAN

Tinggalkan komentar